Senin, 09 Januari 2017

PENGALAMANKU: METODE PELAKSANAAN TES TOEFL ITP BAGI TUNANETRA (INSTITUSI I)




Nam ague Eka *udah tahu kali ah*. Gue adalah seorang cewek tunanetra yang badannya gendut *gak ada yang Tanya*. Gue udah lulus kuliah Agustus lalu, tapi masih nganggur dan Cuma kerja dua kali seminggu (ngajar les doang) *gak ada yang Tanya juga sih*. Sejak tahun 2011 gue udah nyemplung di dunia ormas ketunanetraan. Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), itu nama organisasi yang gue geluti. Gue belajar banyak tentang dunia kedisabilitasan di Pertuni. Tapi tahu gak sih kalo gue ngerasa gagal banget?

Kenapa?

Gue ngerasa gagal karena gue belum bisa mengupayakan kesejahteraan para tunanetra yang mau ambil tes TOEFL ITP *apaan sih anak alay*…

Tahu kan, guys, kalo gue sempet setengah mati nyari tempat tes TOEFL ITP dan sekalinya dapet, ada institusi yang gue rasa kurang mengerti tunanetra yang selalu ingin dimengerti *nama facebook kali ah*.

Seharusnya sebagai seseorang yang masuk di gerakan disabilitas gitu gue bisa mengadvokasi atau ngelakuin apa kek gitu biar aksesibilitas buat tunanetra yang pengen tes TOEFL ITP terpenuhi. Wait, gue tahu kok kalo gue itu bukan presidennya Persatuan Tunanetra Indonesia. Gue Cuma seorang cewek yang merintis karir sebagai kepala Biro Pemberdayaan Perempuan di kepengurusan DPD Pertuni Jawa Tengah. Tapi kan gue punya beban moril buat tes TOEFL itu kan? *ngelantur*

Oh gosh, omongan gue mulai ngelantur. Gini sih ya, sebenernya tulisan gue kali ini bakalan bahas tentang sedikit perbedaan teknis dan regulasi yang ada di institusi penyelenggara TOEFL ITP yang udah nerima tunanetra tes di institusinya. Pengalaman yang gue dapet terkait hal itu tuh lumayan bikin gue mikir dan mikir dan mikir dan mikir ampe perut gue mules. Ada gak sih regulasi baku buat hal itu? Okay, gue sejujurnya sih tahu beberapa cerita plus pengalaman temen-temen tunanetra yang ngambil tes ITP di tempat-tempat lain baik di Semarang atau pun di luar Semarang. Tapi kok beda-beda ya? Dan gue, gue sebagai seorang organisator kok gak coba cari tahu secara menyeluruh ya? Kenapa gue Cuma ngeluh ya? *merasa gagal*

Well, semoga ke depannya bisa dapet pencerahan lebih soal tes TOEFL ITP biar gak terombang-ambing cari metode plus teknik pelaksanaan TOEFL sendiri (padahal terkadang apa yang tunanetra usulin malah gak bisa diterima oleh institusi penelenggara)…

Alright, gue bakalan coba share pengalaman gue, murni pengalaman gue pas ikut tes TOEFL ITP ya. Apa yang gue tulis adalah murni apa yang gue alami, fakta yang terjadi sama gue, so jangan pada sensitive atau skeptic ya sama tulisan gue. Tulisan gue sama sekali gak mengandung unsur pelecehan terhadap suatu institusi apapun. Tulisan ini murni gue dedikasiin buat anak cucu gue atau buat tunanetra lainnya yang pengen daftar tes TOEFL ITP. Lumayan kan kali aja tulisan gue bisa jadi pencerahan *ngarep*.

Here we go!!

17 Desember 2016…
Di tanggal itu gue ambil tes ITP gue untuk pertama kalinya. Gue ambil di Udinus, kampus yang sama sekali gak belibet pas tahu bahwa bakalan ada tunanetra yang mau daftar tes ITP di lembaga bahasanya. Nervous? Tentu aja. Perut mules? Gitu juga. Deg-degan akut? Iya bingo!!

Campur aduk rasa di dada gue…

Gue gak terlalu banyak belajar. Latihan reading, gue lakuin gak sebelum tes? Gak sih, paling reading status orang di Facebook *aduh alamak*. Kalo latihan Listening? Paling latihan listening lewat acara TV Jerry Springer Show yang sebetulnya gak ada kaitannya sama TOEFL. Kalo latihan soal-soal Grammar? Paling gue belajar subject verb agreement lagi, tapi itu juga lupa-lupa. Alamak, persiapan macam apa itu???

Begitulah gue sebelum tes. Iya, gue tahu tes TOEFL itu gak semurah beli gorengan di kucingan, tapi mau gimana lagi? Gue sumpek sama soal-soal yang begituan *gimana sih*

Gue tes ITP berdua sama Ari, tunanetra juga. Kami tuh lengket banget deh sampe-sampe tes aja berdua-duaan *curcol*. Kami sih udah lumayan mencetak score gak memalukan pas TOEFL Like. Kayak yang gue pernah bilang, gue dapet 570 and Ari dapet 584 kalo gak salah. Keren kan? Nah, tapi jangan salah ya. Kami deg-degan gila pas tes ITP soalnya kami sadar kalo TOEFL Like pasti berbeda sama TOEFL ITP. Harganya aja beda, iya kan?

Kalo ngomongin soal biaya, kayak yang pernah gue share di postingan sebelumnya, biaya tes ITP di Udinus ketika itu adalah 450 ribu. Ada perbedaan kah antara regular participant dan blind participant? Gak ada beda kok. Biaya sama 450 ribu. Wow, asyik kan? Udinus emang baik bener deh! Thanks banget buat siapa aja yang udah bikin regulasi itu!

Balik lagi ke TOEFL Like. kata salah satu dosen gue, kalo score di TOEFL Like bisa dapet 570, ada kemungkinan turunnya Cuma 20 poin gitu. So, berdasarkan prediksi dosen gue, score gue bakalan berkisar antara 550-an gitu. Tapi buru-buru gue tepis omongan dosen gue. Gue gak yakin bisa 550. Terus dosen gue ngeyakinin gue lagi. Menurut beliau, seenggaknya kalo 500 masih bisa dipegang. Tapi lagi-lagi gue gak yakin…

Let’s see…

Well, hari sabtu pagi tes dimulai. Dan beginilah kira-kira regulasi tes ITP bagi tunanetra di Udinus…

1.       Kita bakalan disediain seorang reader
Pengalaman gue tes ITP yang kaitannya sama reader ternyata sama kayak yang temen-temen tunanetra lain alami. Kami para peserta tunanetra emang gak dibolehin buat pake komputer pas tes. Beda banget kan sama tes TOEFL Like kemarin? Makanya gue bilang, TOEFL Like gak sesakral ITP. Kata dosen gue, ada peraturan dari pusat sana (kalo gak salah IIEF kali ya) yang gak ngijinin soal-soal tes itu digandakan, diketik ulang dan sejenisnya deh. So, itu ngefek banget ke tunanetra. Pihak penyelenggara gak berani ngetik ulang dan nyedian soft file buat tunanetra karena takut ngelanggar aturan yang ditentuin IIEF.

Well, that’s fine with me!

Gue juga udah bisa prediksi kalo komputerisasi gak bakalan bisa ditempuh. Alhasil tes kemarin gue dibacain sama seorang reader…

Selama tes, kita cukup duduk anteng di depan laptop sambil dengerin sang reader bacain soal-soal plus multiple choices-nya. Tugas gue and Ari adalah ngetik jawaban A or B or C or D di lembar Microsoft di laptop kami masing-masing. Nah, disini bakalan ada tokoh lain yang berperan. Tokoh lain itu adalah staff dari lembaga bahasa Udinus yang bertugas nyalin jawaban dari laptop ke answer sheet. So, si staff harus mindahin satu persatu jawaban kami ke lembar jawab. Dan oh my god, gue makasih banget deh! Kenapa? Tentu aja karena gue gak bayar extra buat reader and staff yang nyalin jawaban gue. Bener-ener akomodatif banget deh Udinus!

Gue gak ada masalah sama regulasi reader ini. Pengennya sih pake komputer biar lebih nyaman, tapi karena gak bisa ya pake reader juga udah asyik. Kenapa? Karena reader-nya fleksibel plus mau coba bikin kami nyaman senyaman mungkin. Pronounciation-nya juga keren. Pause pause-nya juga okay, jadi kami gak kesulitan buat ngikutin. Tapi kalo boleh jujur ya, gue rada kaget sama metode ini. Kenapa? Tentu aja karena seumur-umur gue kuliah di Udinus gak pernah ngerasain dibacain soal. Pernah sih, tapi palingan satu dua soal, gak lebih dari 100 soal kayak gini *ngakak*

Gue jadi mikir ya, gimana rasaanya jadi temen-temen tunet yang di kampusnya masih pake reader kalo pas ujian? Gak kebayang deh…

2.       Audio listening diputer sekali
Tunanetra emang butuh aksesibilitas dan modifikasi pelaksanaan tes, tapi kami juga sadar kalo hal-hal yang masih bisa kami ikutin ya gak bakalan kami langgar. Maksudnya?

Audio listening, ini contohnya. Kami sadar dong kalo peraturan tes gak ngebolehin kita buat muter audio lebih dari satu kali, so ya udah audio-nya tetep diputer sekali meskipun kami tunanetra. Lagian yang ngoperasiin audio-nya kan staff yang bertugas, so kita gak bisa seenaknya nge’play audio.

Gimana, adil kan?

3.       Di bagian Listening, reader bacain multiple choice-nya sebelum dan sesudah audio diputar
Dulu pas semester 4 kan gue and Ari pernah dapet mata kuliah tentang tips-tips ngelaksanain TOEFL. Nah menurut tips yang diajarin ke kami, di bagian listening itu usahain ngebaca dulu multiple choice-nya, jadi kita bisa prediksi jenis soalnya. Nah, karena tips itulah gue and Ari minta reader bacain sebelum and sesudah audio. Did it work? Lumayan sih…

Susah gak sih nginget-nginget multiple choice yang pastinya kalimatnya gak sependek “I love you”?

Jujur susah lah, makanya gue lebih nyaman pake komputer. Tapi kondisi emang mengharuskan begitu, apa boleh buat? Untungnya sang reader fleksible. Ketika gue lupa multiple choice, beliau dengan senang hati membacakan ulang multiple choice-nya. Inget, Cuma dibacain multiple choice, bukan diputerin audio-nya. So, gak ada unsur kecurangan disini! Umm, tapi jujur ya, gue tetep sungkan kali minta beliau bacain berulang-ulang, makanya kadang gue biarin aja gak ngerti di beberapa nomor, dari pada kasihan minta readernya bacain ulang-ulang?

Terus seriusan bisa?

Jujur kewalahan deh gue di bagian Listening. Gue kaget ternyata speed plus panjang dialog Listening ITP beda sama TOEFL Like hahahah. Kaget gue!

4.       Reader fleksible di bagian structure and written expression
Yang gue maksud fleksibel disini adalah beliau berusaha ngebacain sejelas mungkin. Tanda baca dibacain. Intonasi baca juga oke punya. Tiap multiple choice diisikan di bagian blank-blank biar kami ngerasa kayak ngerjain di komputer. Akomodatif banget! Dan ketika gue make sure beberapa kata karena gue gak yakin antara kata benda atau kata sifat semisal “Confidence” and “Confident”, beliau dengan senang hati membacakan ulang.

Fleksibilitas kayak gitu menurut gue sih penting. Kenapa? Tentu aja biar si peserta tes bisa komperhensif memahami soal, iya kan? Kalo soal-nya aja gak faham hanya karena kendala teknis, apa jadinya nanti? Contohnya ya “Confident” and “Confidence”, kalo gue larut sama kegalauan gue antara adjective atau noun, bisa belangsak kan gue? Untungnya reader-nya memahami kami banget dan beneran mengakomodir kebutuhan kami.

5.       Di bagian reading, teks gak dibacain keseluruhan di awal
Balik lagi ke tips TOEFL yang pernah dipelajari, kita bisa ngehemat waktu (dalam hal ini ngehemat suara reader) dengan gak ngebacain teks di awal. So, pas tes kemarin gue minta reader bacain langsung ke soal. Kalo langsung ke soal kan gak ngabisin waktu, toh kalo dibacain dulu satu passage jug ague gak bakalan ngeh isi passage-nya ahhaha. Mending langsung ke soal biar langsung nyasar ke paragraph berapa. Ngirit tenaga kan? Lol

Contoh soal pertama di reading section pasti ditanyain soal topic dari passage-nya. Nah, karena gue udah tahu tips TOEFL, jadi gue tahu gimana cara jawabnya. Menurut tips TOEFL yang dipelajari, kalo ada pertanyaan tentang topic dari suatu teks, kita cukup baca kalimat pertama di setiap paragraph. So, gue minta tolong ke reader bacain tiap-tiap kalimat pertama di masing-masing paragraph. Nah, dengan begitu, reader ngirit tenaga kan? *tetep aja tenggorokan kering kali ah bacain total seluruh soal hehehe*

Di reading section ini reader gak baca dari awal sampe akhir, tapi di posisi-posisi tertentu aja yang emang ada kaitannya sama soal. Menurut gue sih ini lebih efektif ya ketimbang bacain keseluruhan..

Selain itu, reader juga fleksibel kok. Kalo kita gak ngeh sama pertanyaan plus multiple choices di reading section, beliau pasti bakalan bacain ulang. Disini tuh gak perkara adil dan gak adil karena disini tuh menurut gue gimana sih sang reader mencoba memfasilitasi para peserta tunanetra dalam memahami soal tes yang sebnernya si tunanetra aja pengennya baca sendiri kalo boleh milih hehe…

Kurang lebih sih itu dia 5 metode yang pernah gue dapet past tes ITP di Udinus. So far akomodatif banget. Poin yang gue tangkep adalah bahwa mereka beneran menjunjung prinsip bahwa keberadaan reader adalah sebagai media buat memfasilitasi tunanetra dalam mengakses soal-soal yang gak bisa diakses sendiri. Gue rasa sih mereka udah berhasil memfasilitasi kami. Soal waktu gimana? Tentu gak bisa sama kayak peserta regular dong, secara kan kami dibacain pake suara reader gak pake mata langsung hehehe…

Terus kalo waktunya gak sama kayak peserta regular, gak adil dong? Hey come on, soal adil gak adil jangan didilihat dari segi itu lah. Bego banget kalo lihatnya dari segi itu *sorry rude*

Pokoknya gue acungi jempol buat kampus yang gak minta extra money tapi bisa nyediain reader plus staff pas pelaksanaan tes. Udah gitu, keberadaan reader bukan jadi benalu tapi beneran jadi fasilitator biar kami si tunanetra faham soal dan multiple choice-nya. Patut dicontoh nih sama institusi lainnya…

Tik-tok-tik-tok…
Dua minggu berlalu…
Gue lagi asyik gelesotan di kasur. Lagi ngotak-ngatik HP. Tiba-tiba kring-kring-kring ada pesan dari Tessa, adik kelas gue yang jadi staff di lembaga bahasa Udinus. Tessa ngasih tahu gue kalo hasil tes ITP udah ada. Sumpah y ague deg-degan banget. Rasanya antara mau balesin Tessa atau gak. Gue sih udah prediksiin pasti score gue di bawah 400. Gue gak ngarep bakalan dapet 500. Ngarep akang seblak jualan kayaknya lebih realistis ketimbang ngarep dapet score ITP 500. Jauh di angan…jauh…jauh…jauh kian jauh…

“Mbak Eka dapet 513…”

Begitu kata Tessa akhirnya…

Wow, seriusan gue dapet segitu? Wow factor deh! Gue gak nyangka gue bisa nimbus 500, ya meskipun lebihnya Cuma dikit *malu deh*. Padahal kemarin pas ngerjain gak begitu focus, tapi kenapa bisa nimbus 500? Berarti otak gue gak oneng-oneng banget ya hahaha…

Yash, gitu deh hasilnya. Tes ITP pertama gue dapet 513. Seneng udah bisa buat daftar beasiswa, tapi Cuma satu beasiswa ke Australia. Tapi gak apa lah, bersyukur aja. Itu tes pertama gue. Gue harus adaptasi dulu sama metode yang baru pertama gue jalani. Gue juga harus adaptasi sama soal-soal tes yang lumayan bikin otak gue mampet. Dan hasilnya horreeeee gue seneng dapet segitu. At least udah lewatin 500!

Bagi sebagian orang mungkin nilai segitu gak ada apa-apanya, tapi coba deh please ngerjain soal sambil merem, terus soalnya dibacain orang lain, terus kita harus focus gak Cuma ke pertanyaan tapi juga ke multiple choices-nya…nah lho, gimana rasanya? Garuk-garuk kepala deh gue kalo inget itu. Gue yang sejak 2010 gak bisa lihat tulisan aja masih pusing tujuh keliling ngerjain soal sambil dibacain lol…

Dan ada dua orang yang juga seneng denger gue dapet score segitu. Mereka adalah Pak Taufik dan Bu Emah, orang tua gue *alay*. Mereka tiap hari selalu Tanya ke gue soal hasil ITP dan sekalinya tahu, mereka langsung Tanya, “Udah bisa daftar beasiswa kan?”

Yash yash yash udah bisa! Tapi Cuma Australia Awards Scholarship (itu pun kalo peraturan gak berubah ehhehe). Uang yang udah disediain ortu dari hasil jualan ternyata bisa mengantarkan gue ke score 513. Gue tahu sih ortu pengennya lebih, tapi segitu lumayan juga kan? Lol

Well, gue pegel banget deh nulis. Masih ada sih tulisan tentang institusi penyelenggara tes kedua, tapi gue cerita di part berikutnya aja ya…

P.S : awas jangan sensitive! Lol

4 komentar:

  1. wh bagus tu mba eka.
    aku baca nya sampe
    ada rasa, senen, sedih,galau.
    wwaaaahhhhh.
    karna saking bagusnya.

    BalasHapus
  2. wh bagus tu mba eka.
    aku baca nya sampe
    ada rasa, senen, sedih,galau.
    wwaaaahhhhh.
    karna saking bagusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Teh Ines! Apa kabar? Makasih udah baca :) makasih banget :) wah bagus apanya teh? ehehehe...

      Hapus
  3. kak boleh nnya kah, gimana cara dtftar toefl like? kan kaka bilang lebih mahal, emng kisaran berapa kak kalau boleh tau, makasi kak

    BalasHapus