Kamis, 05 Januari 2017

CERITAKU: ANAK TANGGA PERTAMA MENGGAPAI SCHOLARSHIP



Kamis, 5 Januari 2017 – di kamar kos

Udah beberapa bulan terlewat. Udah banyak hal yang terjadi sejak gegap gempita Agustus kemarin. Udah banyak teman yang posting status tentang aktifitas mereka, gaji pertama mereka, teman baru mereka dan masih banyak lagi hal asyik lainnya. Udah banyak juga teman yang ngubah foto wisuda jadi foto mereka dengan seragam kantor. Sedangkan dalam hidup gue? Apa yang udah terjadi sejak Pak Rektor mindah kuncir di topi wisuda gue?

Gue masih disini, sejak Agustus itu…
Gue masih gelesotan di atas kasur keras di kosan gue, sejak gue nerima plakat sebagai salah satu wisudawati…
Gue masih minta duit orang tua gue buat makan, sejak Agustus itu…
Dan pastinya, gue masih gendut karena aktifitas gue nol besar!

Duh, sedih juga lihat nasib gue ini. Udah sarjana tapi masih belangsak gini hidup gue. Untung gue dipercaya sama salah satu maba di kampus buat jadi pendamping belajar Bahasa Inggris buat doi alias jadi guru les Bahasa Inggris. Lumayan sih dapet duit buat nambahin bayar kos *kasihan amat*

Tapi apa iya gelar sarjana gue Cuma berujung jadi guru les? Mana muridnya Cuma satu doang *kasihan amat*

Kenapa gue gak cari kerja?

Udah pernah kok, tapi ditolak…

Gue oon kali ya?

Gak juga sih, tapi dasar perusahaannya aja alay, gak mau nerima tunanetra *emosi*

Udah deh, dari pad ague naik pitam gara-gara bahas ngelamar kerja, mending gue bahas nasib gue ini…

Well, tiap hari gue nongkrong di kamar. Aktifitas gue ya Cuma ngajar les, meeting organisasi, ikut pelatihan TOEFL, dan selebihnya? Selebihnya ya ngalor ngidul di arena per-grup’an WA, kadang update status di sosmed, telponin orang-orang, nulis-nulis gaje kalo lagi gak males, dengerin podcast, nonton youtube plus segudang kerjaan gak penting lainnya…

Alamak, kenapa gue milih hidup begitu ya? Kenapa gak pulang kampong aja?

Pengennya sih pulang kampong, tapi gue masih punya misi di kota ini…

Yep, sebenernya sih bisa aja gue balik ke Bangka and ngajar-ngajar cantik gitu di SLB atau dimana kek gitu berdasarkan link-nya emak gue, tapi gue punya misi…misi yang masih abu-abu tapi gue yakin bisa bikin misi itu jadi terang dan warna-warni! *alay*

Misi apa sih?

Misi gue numpang lewat *hahaha pelesetan*

Ummm, misi gak disangka gak dinyana sih sebenernya…

Gue sebenernya mau coba daftar beasiswa buat kuliah di luar negeri. Gue pengen sekolah di Australia. Biar aja deh dikatain gaya, yang penting gue sekolah di tempat yang temen-temennya bule *hahaha apa coba*

Jujur ya, keinginan sekolah di luar negeri itu udah ada sejak jaman gue ingusan, tapi gue mikir, “Apa iya cewek dengan otak pas-pasan kayak gue bisa sekolah di luar negeri?”

Bisa sih, minta duit ortu. Tapi masalahnya ortu gue gak punya duit!

Boro-boro buat nyekolahin gue ke luar negeri, buat bayarin S1 kemarin aja gak bisa. Untungnya dapet gratisan kuliah S1 dari Udinus…

Nah, karena alas an otak dan dompet ortu itulah gue akhirnya mutusin biar mimpi tetap jadi mimpi dan gak minat-minat banget buat sekolah di luar negeri. Tapi ternyata pas gue ikut studi singkat di Sidney tahun lalu, gue jadi berubah pikiran. Pikiran pertama, gue pengen S2 disana. Gue ngiler lihat kenalan S2 dan S3 disana. Pengen kayak mereka. Pengen banget ngerasain pendidikan di negeri Kangguru.

Rupanya pikiran kedua gue dating. Gue berpikiran kalo gue kan udah pernah ngerasain belajar di salah satu universitas disana meskipun ya Cuma dua minggu, jadi udah dong hasrat gue pas masih ingusan udah terbayarkan. Buat apa lagi S2 disana?

Well, mampet udah deh hasrat gue kuliah disana. Kala itu gue mikir mending gue berkarir di Bangka aja, jadi guru SLB, kasih uang gaji ke mamah, pake gaji pertama buat beli AC buat di rumah, pasang internet di rumah, dan nikah hahahaha mimpi oh mimpi. Ya, gitu deh rencana gue. S2, pengen sih, tapi lebih asyik kalo ngejalani sederet aktifitas yang baru gue tulis tadi. Konyol sih, tapi gak ngerti deh kenapa gue pilihnya gitu. Mungkin karena gue kasihan sama ortu kali ya, kayaknya ortu butuh banget bantuan gue buat bayar listrik dan lain sebagainya. Bayangin deh, kalo gue sekolah lagi, kapan ortu dapet gaji dari gue? Hahaha

Alright, kayaknya bener kata orang bijak, “Sesuatu yang abadi di dunia ini hanyalah perubahan”. Gue akhirnya berubah pikiran tepat setelah gue ditawari kesempatan jadi dosen di kampus. Alamak, meskipun itu baru penawaran, gue tetep seneng. Hari gini banyak perusahaan dan institusi yang nolak tunanetra, eh di kampus malah sang rector nawarin gue. Girang bener deh!

“Tapi kalo mau jadi dosen ya harus S2 dulu…” gitu kata Pak Rektor suatu ketika.

Well, karena alas an itulah gue akhirnya semangat buat S2. Ngobrol sama dosen dan finally coba daftar ke luar negeri aja. Yaelah ujung-ujungnya mau coba ngelamar di luar negeri.

Tahu diri gak sih gue? Ah, don’t give a shit! Lanjut aja pantang mundur!

Satu persatu step mulai gue jejaki. Satu persatu persiapan mulai gue jalani. Satu persatu orang mulai gue tanyai. Satu persatu institusi TOEFL mulai gue telponin. Sumpah melelahkan. Kenapa? Karen ague lakuin semuanya sendiri *hiks hiks hiks*

Temen-temen yang udah berpengalaman mulai ngasih tahu kalo gue harus gini harus gitu. Jujur ya, kepala gue pusing pas denger, apa lagi nyali gue. Nyali gue ciut sampe segede upil nyamuk, bro! Bisa gak sih gue ngumpulin berkas-berkas yang jumalhnya lumayan banyak itu? Bisa gak sih gue bikin Essay? Bisa gak sih gue punya sertifikat IELTS yang biaya tesnya mahal gila? Bisa gak sih gue dapet sertifikat TOEFL ITP dengan score minimal 500? Bisa gak sih gue lewatin interview kelak? Bisa gak sih ortu gue support gue buat bayar tes, buat nranskrip ijazah, buat ikutin interview di Jakarta dan lain sebagainya? Butuh duit kali, Jeng! Bisa gak sih bisa gak sih?

Ah, kalo terus-terusan nurutin nyali gue yang kerdil itu, bisa-bisa gue belangsak deh! Tembusin aja deh itu segala keraguan and ketakutan!

Satu persatu mulai gue libas habis itu rasa takut…

Persiapan yang gue lakuin adalah ikut pelatihan TOEFL. Ada dua pelatihan sih sebenernya yang gue ikutin. Pelatihan pertama adalah pelatihan TOEFL, dan yang kedua adalah pelatihan IELTS. Lumayan merogoh kocek dan jujur gue ngerasa bersalah sama ortu karena ngehabisin duit segitu banyak buat pelatihan. Tapi untungnya gue punya ortu yang mengerti gue banget dan support cita-cita anaknya. Ortu gue bilang, “Uang bisa dicari kok, yang penting kamu bisa kejar apa yang kamu cita-citakan!”

Wah, love you mum and dad deh kalo gitu ceritanya!

Well, pelatihan TOEFL pun gue jalani. Tesnya? Gue juga ikutin. Sebenenrnya sih pas gue belum mulai pelatihan TOEFL, gue sempet ikut TOEFL Like di kampus. Lumayan gue dapet score 570 meskipun ada yang bilang score segitu gak ada apa-apanya buat anak Sastra Inggris. Iya juga sih, seharusnya gue bisa lebih dari itu *dasar otak gue Cuma mampu segitu*

Terkadang males banget buat berangkat pelatihan, tapi kalo inget ortu, yam au gimana lagi, harus berangkat deh *padahal sering skip juga*

Kalo pelatihan IELTS gimana?

Jujur belum mulai pelatihannya. Gue harus sabar nunggu padahal gue udah gemes banget pengen tahu segimana menantnangnya sih IELTS buat tunet gendut kayak gue *songong*

Kenapa sih gue boros banget ikut pelatihan IELTS segala padahal gue udah ikut TOEFL?

Alasan gue ikut IELTS ya tentu aja karena gue mau membiasakan diri gue sama IELTS. Kalo mau kuliah di Australia kan harus pake sertifikat IELTS meskipun ada pemberi beasiswa kayak Australia Awards Scholarship yang ngebolehin daftar beasiswa pake TOEFL. Tapi inget, daftar doing ya, bukan terbang ke Australia! Kalo udah keterima beasiswa AAS ya tentu aja harus tes IELTS lagi, makanya gue tetep harus nyiapin diri buat IELTS.

Persiapan lain yang lebih neyebelin adalah nyari tempat buat tes TOEFL ITP. Sumpah ya, gue bisa bilang ya, nyari tempat buat tes ITP itu susahnya berkali lipat dari cari pacar *apa coba*

Gue udah ngobrak-ngobrik google buat cari institusi mana yang nyelenggarain ITP. Gue juga udah Tanya sana sini tentang ITP di Semarang. Dan hasilnya? Gak semuanya asyik!

Di kampus gue, ada ITP dan tentu aja itu jadi pilihan utama gue buat daftar tes, tapi oh my god, bulan November kemarin gak ada padahal rencana gue sih mau ikut tes tiap bulan sampe gue dapet 500. Alhasil gue harus nunggu sampe Desember. Untungnya Desember ada dan gue ikut!

Selain Udinus, gue coba juga ke salah satu universitas negeri di Semarang. Universitas terkenal lho! Tapi hasilnya apa? Gue di PHP’in. Mereka bilang belum berani nerima tunanetra! Aduh duh duh hari gini masa kalah sama Udinus yang swasta? Oke deh lupain aja…

Lanjut ke institusi berikutnya. Universitas swasta juga dan institusi ini pernah nerima temen gue buat tes disana. Yap, berhasil. Gue udah ngantongin dua institusi buat tes yaitu Udinus dan universitas swasta satu lagi. Keduanya dilaksanain di bulan Desember dan merogoh kocek lumayan banyak buat tes di dua tempat itu. Kebayang kan kalo dua-duanya gagal alias score gue kecil betapa kasihannya ortu gue? Maklum aja, bro, di institusi kedua itu gue harus bayar dua kali lipat padahal di Udinus aja gak usah bayar buat reader (gue bayar selayaknya regular participant). Tapi gak apa deh yang penting bisa tes!

Banyak suka duka ikut tes ITP. Gue sebagai cewek emosian kadang males and pengen give up aja, tapi gue inget lagi soal mimpi gue yang gak Cuma buat gue tapi buat keluarga gue…

Well, soal tes ITP entar gue ceritain di postingan lain ya!

So far, persiapan yang bikin mangkel ya persiapan cari institusi ITP. Bayarnya kan relative mahal, cari institusi yang mau nerima tunet juga gak gampang, ITP juga gak setiap bulan ada, wah beneran challenging deh! Tapi gue berharap bakalan ada hal manis yang kelak gue dapet…

Detik ini jujur gue agak sedikit lega karena gue udah ngantongin sertifikat TOEFL dari Udinus. Maksud gue, gue bisa daftar beasiswa pake sertifikat itu karena score gue udah di atas 500 meskipun lebihnya Cuma dikit hahaha. Tinggal nunggu hasil dari institusi satu lagi plus mulai ngerancang Essay buat apply!

Well, dari sederet cerita gue, dari fakta bahwa gue gak pulang kampong, kita bisa tahu ya kalo gue gak pulang kampong karena mau prepare beasiswa S2 di Australia. Kalo balik ke Bangka, belum tentu akses buat tunet ikut pelatihan TOEFL atau tes TOEFL ada. Di Semarang aja susahnya sampe bikin perut mules, gimana lagi kalo di Bangka?

Jujur ya, malu juga sih tiap ditanya orang, “Eka udah kerja?”

Kadang gue mau jawab gini gak enak juga, “Belum kerja karena lagi prepare S2”

Gak enak kan jawab kayak gitu? Secara kan orang lain gak Tanya apa alas an gue gak kerja, tapi mereka Tanya udah kerja belum!

Ah tapi cuek deh. Gak usah sibuk-sibuk ngasih tahu orang. Seterah deh mereka mau menilai gue lulusan terbaik pas wisuda tapi nganggur *faktanya emang nganggur sih ahhaha*

P.S : Selama proses persiapan, gue tuh rajin banget konsultasi sama dosen gue di kampus plus temen-temen yang sekarang udah kuliah di Australia sana!

Wish me luck ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar