Senin, 09 Januari 2017

PART III: CERITA GELI DI BALIK 6 PIALA



Tik-tok-tik-tok…
Game akan segera dimulai! Dada gue jadi dag dig dug. Maklum aja, gue kan gak pernah punya pengalaman lomba baca puisi. Sumpah nervous gila. Tangan gue ampe dingin banget.

“Mbak, tukeran nomer mau gak, Mbak?” kata-kata Diyan bikin gue geli.

“Gak mau…no…no…” ucap gue sambil cekikikan.

“Aku yang pertama lho, Mbak. Gimana dong…” ucap Diyan.

“Gak papa. Santai aja…” ucap gue sok nenangin padahal gue deg-degan akut.

Dari kejauhan gue denger ada yang batuk-batuk di microphone. Oh rupanya itu si mbak panitia yang mau bacain peraturan lomba and system penilaian lomba.

Gue dengerin dengan seksama. Bukan bermaksud sok good girl sih, tapi lebih ke karena gue mau nenangin dada gue yang berdegup bener-bener kenceng.

Gue maenan jari sambil masang kuping. Suara si mbak panitia mirip suara temen gue pas SD yang namanya Jubaedah. Beneran deh mirip si Jubaedah.

“Dan tema untuk lomba puisi ini adalah cinta…”

Jedarrrrrr!!! Gue kesamber petir lagi!!

Gak salah denger tuh? Temanya ‘cinta’? Serius? ‘Cinta’ apaan sih? Wah, ada yang gak beres nih!

Jedaaarrrrr!! Petir ternyata gak Cuma nyamber gue, tapi juga nyamber ketiga temen gue. Mereka juga kaget bukan maen pas denger tema puisi yang harus dibawain.

“Kok temanya cinta sih?” ucap kami bertiga.

“Eh sumpah ya seriusan di info lomba yang dishare di FB itu gak dikasih tahu tema, kecuali tema buat lomba Public Speaking!” gue berargumen.

“Lha terus gimana dong?” Tanya Agus.

“Puisiku gak bahas cinta…” ucap Diyan.

“Sama dong, aku juga. Kalo tahu temanya cinta kan bisa bikin yang cinta…” timpal gue.

“Aku juga gak bahas cinta di puisiku…” Agus ikutan berkomentar.

“Dan penilaian berikutnya adalah kostum…”

Jedarrrrrrr!! Petir nyamber lagi!!

What the heck?? Kostum segala dinilai? Seriusan?? Kostum apaan sih. Gue Cuma pake batik ijo kali.

“Wah kita saltum, Ka…” ucap Agus.

“Udah salah tema, salah kostum juga…” ucap Diyan.

Gue jadi geli-geli gimana gitu sama lomba hari ini. Info yang gue dapet dikit banget, udah gitu ada salah tema and kostum segala. Ampun deh…

“Kayaknya kita harus bilang deh kalo kita gak tau ada tema begitu…” ucap gue.

“Tapi bisa aja kan mereka jawab kalo kita yang gak aktif Tanya tema?” Henokh nimpalin.

Bener juga kata Henokh. Bisa jadi gue and temen-temen yang salah karena gak aktif Tanya tema lomba puisi. Akhirnya gue nyerah deh. Pasrah sama keadaan.

Satu persatu peserta lomba kategori anak-anak mulai beraksi. Bukannya jadi santai eh gue malah makin nervous. Gue ngerasa nyali gue ciut jadi segede upil nyamuk. Gue ngerasa adik-adik yang lagi tampil di depan sana itu punya bakat yang lebih super dari gue. Gue ngerasa nothing…

“Deg-degan, Nokh!” ucap gue sambil ngegoncang-goncang badan si Henokh.

“Mbak Eka kenapa sih?” ucap Henokh ngeri-ngeri sedap lihat kelakuan gue.

Sumpah ya gue nervous banget. Gue gak punya pengalaman baca puisi sama sekali. Pengalaman gue Cuma pas jaman sekolah plus kemarin di Jakarta sempet tampil bacain puisi satu bait tentang kasus Yuyun. Selebihnya? Not at all!

Jantung gue kayak mau loncat keluar. Tangan gue dingin kayak abis nyemplung di kolam es. Muka gue? Muka gue pasti pucet banget kayak mayat hidup. Tangan gue gemeteran. Bibir gue juga gak tau kenapa gerak-gerak kesana kemari. Sumpah ya kalo nervous tuh jadi berasa weird.

“Alahuma lakasumtu…wabika amantu…waalarizkika aftartu…birahmatika…ya arrahman rahimin…” gue komat-kamit.

“Lagi ngapain sih?” ucap tongkat gue.

Gue gemes sama tongkat gue. Ngapain amat dia pake Tanya gue lagi ngapain. Udah jelas-jelas gue lagi baca doa. Gak pernah diajarin doa ya?

Ngomong-ngomong soal doa, gue keinget omongan nenek gue yang bilang gini, “Kalo kamu mau dilancarkan urusannya, jangan lupa baca doa ya…”

Nah, keinget omongan nenek gue itu, gue jadi ikutin dong. Gue harap dengan doa yang gue lantunin gue bisa lancar baca puisi.

“Tapi itu kan doa buka puasa, Non…” tongkat gue nyeletuk lagi.

Alamak, iya gitu? Sorry typo *typo kok satu bait doa*

Guys, yang penting kan substansi-nya. Iya gak? Yang penting kan doa, ya meskipun itu doa buka puasa *ngeles aja kayak bajai*

Suasana pun mencekam, padahal kita duduk disini gak lagi nonton film Kuntilanak. Ah tau deh gelap! Rasanya emang deg-degan. Untung tempatnya ber-AC, coba kalo gak, keringetan deh pasti.

Gue maenan no peserta yang gue pasang di dada. Sekali dua kali gue benerin rambut gue yang sebenernya gak berantakan. Sekali dua kali jug ague benerin letak duduk gue padahal bokong gue gak lagi kena bisul. Gue deg-degan.

“Tenang…tenang…tenang…” ucap gue dalam hati.

Gue beneran berusaha menenangkan diri. Gue berusaha beranggapan bahwa baca puisi kali ini Cuma sekedar tampil baca puisi. Jangan sesekali berpikiran bahwa ini lagi lomba soalnya gue bakalan nervous parah. Tapi gak bisa. Nihil nihil nihil. Hasilnya nihil! Gue tetep deg-degan, malah jadi kebelet pup gini kan. Kebelet pipis segala lagi nih. Sumpah ya padahal segala urusan bisa kacau kalo udah berhadepan sama yang namanya kebelet.

“Mantanku…” tiba-tiba kebelet gue teralihkan oleh seorang adek kecil yang lagi bacain puisi tentang mantannya. Gue sempet mikir sih, “Itu kan kategori anak-anak, tapi kenapa puisinya tentang mantan?”

Tapi buru-buru deh gue tepis segala pertanyaan yang berseliweran. Ngapain amat ngurusin puisi orang. Masih mending puisi adek kecil itu dong sesuai tema “Cinta”, lha gue? Puisi gue belangsak bener deh! Salah tema plus salah kostum keles!

Ngomong-ngomong soal “Mantan”, pikiran gue jadi terbang melayang ke masa lalu dan nemplok di memori tentang salah satu mantan gue. Gue jadi inget kata-kata dia pas nenangin gue suatu hari.

“Kalo kamu deg-degan ngehadepin sesuatu, coba deh pikirin hal lain yang lebih sulit tapi bisa kamu taklukin. Berpikirlah bahwa yang lagi kamu hadepin sekarang ini gak ada apa-apanya dibandingin yang udah-udah…”

Suara mantan gue muncul dengan efek eco. Ngedenger suara itu jadi berasa lagi nonton sinetron yang salah satu pemeran protagonist-nya bilang gini, “Seandainya kamu tahu, Nak, bahwa aku adalah ibumu…”

Gubrakkkk!!! Korban sinetron bener deh kalo gini ceritanya…

Kalo balik ke omongan mantan gue itu, ada benernya juga. Gue emang harus meyakinkan diri gue kalo ada hal lain yang lebih nyeremin dari baca puisi ini.

Finally di atas kepala gue muncul gelembung-gelembung sabun yang di dalamnya keputer kejadian-kejadian masa lalu yang pernah gue alami…
Gelembung pertama isinya gambaran pas gue masih ingusan plus kurus kayak istrinya Popeye. Di gelembung itu gue lagi berdiri di mimbar. Ada microphone di depan gue da nada sederet judges yang salah satunya adalah bule. Ah, rupanya ini gelembung muterin kejadian pas gue ikut English speech contest yang diadain buat perguruan tinggi se-Jateng dan DIY.

Di gelembung itu gue masih ingusan. Di muka gue seolah-olah ada sederet kalimat berbahasa inggris yang grammar-nya acak-acakan. Gue masih bau kencur!

Anyway, gue ketika itu masih semester dua. Masih bau kencur deh. Tapi gue ngerasa rada bangga dikit gitu deh karena bisa jadi salah satu wakil dari kampus buat ikut lomba ya meskipun gak juara sih *malu*. Tapi yang mau gue ceritain adalah ketika itu gue deg-degan parah. Tangan gue dingin banget *kalo gak percaya Tanya Yohanna Ekky deh*. Yep, Yohanna itu adalah salah satu juara di speech contest yang ketika itu selalu di samping gue dan nuntun gue. Gue deg-degan parah secara gue masih awam banget sama dunia lomba + harus speech berbahasa inggris + judges-nya bule pule. Ditambah lagi, guys, gue adalah peserta pertama di gelombang itu. Parahnya lagi, microphone-nya sempet mati di awal-awal.

Gimana tuh, belangsak bener kan nasib gue?

Ketika itu memang sulit deh. Gue harus handle segala rasa yang campur aduk. Tapi gue bisa gak? Ya, gue bisa handle! Dan gue berhasil gak? Gue berhasil kok memboyong piala *lihat aja di koleksi foto di FB gue, ada foto gue pegang piala*. Tapi guys, itu piala punya Livia sang juara. Gue Cuma pinjem hehehe.

Terus apa dong hikmah yang bisa gue ambil dari cerita speech contest itu?

Hikmah yang bisa gue ambil sih kayaknya “Gue harus cek microphone sebelum lomba!”

Oh gosh! Seriusan Cuma itu?

Tentu gak dong. Gue jadi mikir setelah lihat gelembung yang isinya moment pas gue ikut speech contest. Lomb abaca puisi kali ini gak sebanding sama lomba speech waktu itu. Lomba kali ini gak ada yang lihatin, sekalinya yang lihat juga palingan gak bakalan merhatiin penampilan gue. Siapa gue, iya gak?

Ada lagi nih yang bisa gue jadiin alat peredam deg-degan. Pas ikut lomba speech, gue kan wakilin Udinus, lebih berat keles tanggungjawabnya. Sedangkan di lomba ini? Gue Cuma wakilin diri sendiri. Mau menang kek, mau kalah kek, gak jadi soal.

Jeeeedddddaaaaarrrrrrrr!! Tiba-tiba gelembungnya pecah. Gue jadi kaget. Gue jadi balik deg-degan lagi. Alamak, kenapa ini deg-degan gangguin mulu, udah kayak mantan yang minta balikan aja deh.

Gelembung tadi pecah guys. Tapi ini ada gelembung lain yang muncul. Gelembung kali ini adalah gelembung muncul pas gue pake batik merah dan berdiri di depan laptop gue. Dimana gerangan gue berada?

Ah, rupanya itu moment pas gue wakilin kampus buat ikut English Essai competition yang diadain buat perguruan tinggi se-Jateng and DIY. Gue ketika itu deg-degan jjuga, tapi finally gue bisa memboyong piala buat kampus + dapet duit buat bayar kos-kosan.

Gue jadi juara? Iya, meskipun Cuma juara 3 sih, guys. Tapi lumaayan lah bisa jadi salah satu pemenang dari sekian mahasiswa swasta dan negeri yang bertanding. Nah, itu dia point-nya! Ikut lomba yang lebih ngeri aja gue bisa jadi juara, apa lagi ini? Come on, Cuma baca puisi, girl!

Gue merenung lihatin gelembung yang lagi terbang-terbang manja di atas kepala gue. Gue lihatin gambaran gue di gelembung itu. Disitu gue lagi komat-kamit jawab pertanyaan judges. Sesekali gue senyum and lesung di pipi gue kelihatan. Gue juga lihatin gambaran diri gue pas maju nerima piala.

Gue terus merenung. Kenapa gue takut baca puisi doang??? Gue harus berani. Gue harus hilangin nervous gue. Gue harus percaya diri!!

“Diyanisa Amaliyah…” tiba-tiba lamunan gue buyar pas nama Diyan dipanggil. Si mbak panitia-nya gak nyadar kalo nama Diyan kan bukan Amaliyah, tapi Awaliyah.

Gue pun masang kuping gue baik-baik. Gue harus hilangin nervous gue and harus nginget-nginget kalo lomba baca puisi gak sesulit lomba speech and essai. Gue pasti bisa!

Diyan pun mulai baca puisi. Gila, puisinya dalem banget! Gue jadi geleng-geleng kepala. Kok bisa ya puisinya sedalem itu?

Pas asyik masang kuping, gue jadi keinget si Henokh. Gue langsung belingsut ngadep ke kanan and langsung ngeribetin si Henokh.

“Nokh cepetan direkam, Nokh!” perintah gue sama Henokh yang sejak awal udah mendeklarasikan diri sebagai seksi rekam-rekam manja pas squad Udinus tampil.

“Udah kamu rekam kan, Nokh?” gue cerewetin Henokh.

“Iya, Mbak, ini udah. Tapi tadi agak telat…” ucap Henokh.

“Udah gak apa-apa, yang penting direkam!” timpal gue.

Gue terus bengong. Gue masih nikmatin puisinya Diyan yang menurut gue sih lebih bagus dari punya gue. Gak tahu kenapa gue langsung nyimpulin kalo Diyan pasti yang bakalan jadi juara. Gimana gak, dengerin aja deh itu puisinya.

Pas lagi asyik-asyiknya dengerin Diyan, eh tiba-tiba backsound di otak gue berubah. Gue denger instrumental mellow sendu gitu. Terus tiba-tiba ada suara yang menggeliat-geliat manja and bilang gini, “Hey, Nona, lihatlah gadis yang sedang membaca puisi di depan sana. Dialah sastrawati yang sesungguhnya…”

Hati gue hancur. Gue jadi berasa abis diperkosa. Gue ngerasa ciut. Gue bukan sastrawati? Serius? Ah, sialan, gue jadi keinget kata-kata seseorang yang bilang puisi gue gak sincere. Gue jadi mikir lagi kan kalo gue emang harus rela menanggalkan tahta gue sebagai seorang sastrawati. Gue merana sejadi-jadinya nih…

“Okay, kita beri tepuk tangan…”

Oh, rupanya Diyan udah selesai baca puisi. Gue pun ikut tepuk tangan dengan semangat 45 meskipun gue ngerasa sedih ngelihat kenyataan kalo gue itu Cuma sastrawati gadungan.

“Ciee…Diyan…congratz ya! Bagus lho puisinya!” ucap gue ke Diyan.

“Ah, gak kok, Mbak. Aku deg-degan gitu. Tadi pake acara batuk juga…” timpal Diyan.

“Bagus kok…” timpal gue lagi.

Look at there! Sekarang giliran Agus yang tampil. Ciamik banget deh ini anak. Agus ngemulai baca puisinya dengan kata-kata plus ekspresi yang luar biasa. Alamak, tambah nelangsa lagi nih gue. Temen-temen gue diem-diem ternyata sastrawati sejati. Tapi terus gue keinget Henokh lagi.

“Nokh, udah direkam kan?” gue cerewetin Henokh. Kalo dipikir-pikir gue mirip emak-emak kos-kosan yang bawel kalo ada anak kos yang lupa matiin air.

“Iya, Mbak, udah…” kata Henokh polos.

Gue bengong dengerin Agus yang suaranya merdu plus menjiwai banget deh puisi yang dia bacain. Gue bisa gak ya begitu. Gue bisa gak sih. Gue galau nih. Dan abis Agus, gue yang bakalan maju. Bisa gak ya?

“Eka Pratiwi Taufanti…”

Gila, nama gue dipanggil! Akhirnya gue bangkit dengan senyum ala ala Miss Universe *ngarep* padahal hati gue campur aduk. Gue masih deg-degan, juju raja, tapi gue gak takut kok. “Lomba wakilin kampus kan lebih susah ketimbang lomba puisi!”, itu dia yang gue tanamin dalam hati.

“Teruntuk terang yang kian padam…”

Gue memulai puisi gue..

“Dengar bisikku…” gue baca dengan suara agak bisik-bisik gitu.

“Yang mulai meranggas dalam kelam…” lanjut gue dengan ekspresi nelongso. Buat orang yang ngelihat, ekspresi nelongso gue pasti dikira menjiwai, padahal itu ekspresi beneran dimana gue nelongso gara-gara ngerasa gak layak lagi jadi sastrawati.

“Nafasku nyaris tenggelam…” gue mulai masuk ke puisi baris ketiga.

Tik-tok-tik-tok…
Baris demi baris gue lantunkan. Gue gak begitu menjiwai, juju raja. Coba cowok gue ada disini, pasti gue udah dijewer plus dijitak karena baca puisi gak menjiwai.

“Ah, sudahlah…”
“Tak perlu takut pada gulita…”
“Taka pa, memang begitu adanya…”
“Menggugat pun pada siapa?”
“Terisak pun taka da guna…”
Taka pa, memang begitu adanya…”

Gubrak! Gue salah lirik. Gue ngulang lirik di baris sebelumnya. Gue salah focus. Pasti si judges ngelihat letak kesalahan gue secara mereka kan pegang naskah puisi gue. Ampun DJ, parah bener deh gue! But anyway, show must go on!

“Marah pun tak mengubah segalanya…” gue lanjutin baca puisinya.

Tik-tok-tik-tok…
Gue dituntun duduk ke kursi. Done! Udah selesai nunain tugas!

*Bersambung…
*Temuin part berikutnya ya! Lebih hot!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar