Rabu, 29 Juli 2015

AWAS BAHAYA BALAS DENDAM BERKADAR 5%



Senin, 29 Juni 2015, pagi-pagi di kamar kos...

“Bikin cerpen itu enak, empuk-empuk nyemek gimana gitu, tapi ya sulit dijalani”

Kayaknya kalimat di atas bisa jadi kutipanku pagi ini. Ya, aku emang lagi ngubek-ngubek Google buat nyari referensi cerpen tugas “Creashit Writing”, oppsss, maksudku “Creative Writing”. Jujur rada males sih sebenernya nulis cerpen kali ini. Kenapa? Ya tentu aja karena berbahasa Inggris dan temanya itu lho, gak nahan. Yep, tema cerpen tugas ini adalah....adalah...adalah...*Penasaran ya?*

“When I met an Alien”

Nah, itu dia temanya. Asyik kan? Yep, asyik sih, tapi asyik buat bapak dosen yang kasih tugas cerpen ini, tapi buatku yang daya imajinasinya gak lebih gede dari upil nyamuk ini rasanya pengen banget berdiri di pinggir jurang dan berkata, “Bang, aku sakit perut. Boleh pup di jurang ini gak?” *Hahahah alay*

Ilustrasi jurang itu tuh maksudnya aku gak nahan banget sama tugas cerpen ini. Sulit, Bo, sulit sangat deh. Coba kalau temanya Cabe-cabean, aku pasti semangat bikinnya *Maklum mantan cabe-cabean ahahhaah*

Well, akhirnya aku sumpek deh ngudek-ngudek Google yang mukanya ngebosenin banget, kayak guru Bahasa Mongol pas aku SD *Pertanyaannya, emang ada gitu pelajaran Bahasa Mongol pas SD? Hahahah*. Intinya tuh aku bosen, ya bosen akut deh! Akhirnya aku relain deh buka tab baru dan nyampah di Facebook plus ngepoin cowok-cowok di jejaring sosial sepanjang masa itu.

Pas lagi asyik-asyiknya ngupil, eh maksudku ngusil di komentar foto temen, eh HP BB *Bau Badan ahahahah* berdering.

“What would I do without your smart mouth...”

Tuh lagu sepanjang masa “All of me” berdering di HP-ku. Deg, aku kaget dan gak bertanya-tanya sih soalnya aku tahu siapa yang punya dering telepon itu. Maklum deh aku biasa kasih nada dering beda-beda gitu tiap kontak di HP-ku. Semisal ada 300 kontak, ya aku pasang 300 lagu buat masing-masing kontak. Keren kan? Yep, tentu keren sampe-sampe aku lupa and ketuker-tuker. Makanya buat temen-temen cowok, jangan heran ya kalau tiba-tiba aku bilang, “Cin, gue pinjem pembalut loe dong. Kehabisan nih!”. Bukan sengaja, Bro, tapi emang salah tangkep pas nelpon!

“Hallooo...” aku mengembek dengan suara nyemek-nyemek pedes *nah lho, gimana tuh suara nyemek-nyemek pedes?*.

“Halloooo...” suara di ujung sana juga ikutan mengembek.

“Piye...piye...ada apa?* kataku.

“Kamu udah ngerjain tugas bikin cerpen? tanya Mas Kamboja *sebut saja begitu*.

“Belum...” kataku singkat.

“Kenapa, kok belum?”

“Males aja. Males kalau bikin cerita harus googling cari referensi. Bikin perut mual...” jawabku sekenanya.

Belum sempat ada obrolan selanjutnya, Om JAWS (nama screen reader di laptopku) mengembek genit. Embekan si Om JAWS rupanya mancing rasa penasaran si Mas Kamboja. Alhasil dia tanya, “Lha itu lagi ngapain?”

“Lagi nongki-nongki cantik di closet” gitu kataku dalam hati.

“Lagi googling, sambil Facebook-an. Pokoknya males deh ngerjain cerpen” timpalku sambil mencet-mencet keyboard laptop.

“Gini lho, kalau nulis cerita trus ada...” suara Mas Kamboja hilang kayak radio yang mau ganti frequensi.

“Belebek blebek blebek blebek blebek blebek blebek blebek...” suara Mas Kamboja berubah blebek blebek blur di bagian belakang. Yang kedengeran Cuma blebek blebek blebek kayak kambing sendawa di dalam kolam ikan.

Wah, suara blebek apaan tuh?

Jujur ya, itu Cuma kreatifitas penulis note ini. Sebenernya aku gak tahu si Mas Kamboja ngomong apa alias gak merhatiin pas dia ngomong, makanya aku tulis blebek blebek blebek sebagai tanda gak tahu harus nulis apaan *gaje hahahaha*.

“Hahahahahahaaa....” aku malah ketawa. Ketawa bukan karena denger suara kambing sendawa, tapi ketawa karena Mas Kamboja tanya soal cara nulis cerita. Amazing gitu lho. Sedetik setelah aku ketawa, tepat ketika bibir atasku nyentuh bibir bawah alias mengatup abis ketawa, aku kepikiran ide jahil. Hmm, kalau boleh jujur, itu gak sepenuhnya ide jahil, tapi ada juga dendam kesumat *iiihhh ngeri*. Tapi tenang aja, dendam kesumatnya Cuma berkadar 5%, jadi gak memabukan. Serius gak memabukan? Yep, kayaknya sih gak, palingan efeknya bikin orang ngumpat-ngumpat hahahah.

“Baca dong...makanya baca tulisan-tulisanku. Sana baca, jadi bisa tahu cara penulisannya kayak gimana...” jebret, aku ngomong gitu. Kupikir si Mas Kamboja gak respon parah, tapi nyatanya gak gitu.

“Gini aja, kamu order ke aku aja gimana? Lima puluh ribu deh cukup. Mau gak?” godaku.

“Gak, aku gak mau. Kamu tukang bohong. Dulu pas ngajak aku ambil matkul Creative Writing katanya mau bantu, tapi sekarang malah ngorder...” katanya jutek.

“Hahahahah...” aku malah ketawa. Ngerasa pengen bilang, “Syukurin loe! Susah kan masuk CW?”

“Kenapa malah ketawa? Kalau gak mau diajak ngomong ya bilang...” si Mas Kamboja ngembek asam pedes gitu, tapi aku malah terus ketawa, ngekek ngikik cekekek cekikik.

“Ya udah deh kalau gak mau diajak ngomong. Malah ketawa gitu!” dia ngomong lagi, ya udah aku malah ketawa lagi, tambah ngekek malah.

“Ya udah, aku matiin telponnya...” ancam si Mas Kamboja. Aku masih ketawa trus bilang, Iya iya, mau tanya apaan?”

“Ya tadi itu, cepet jawab!” aku malah ketawa lagi. Trus Mas Kamboja kayaknya tambah kesel.

“Ya udah tadi itu aku tanya apa...”

“Aku gak denger, Mas, gak merhatiin pertanyaan kamu. Sumpah deh. Coba ulang lagi...” kataku jujur sejujur-jujurnya sambil masih cekikikan.

“Gak mungkin kamu gak denger. Cepetan jawab...”

“Serius aku gak merhatiin pertanyaan kamu...”

“Ya udah lah...”

Pip! Dia matiin telponnya. Aku masih cekikikan, nahan ketawa dan nahan laper *Maklum lagi puasa*. Aku geleng-geleng kepala lihat tingkah jahilku ke dia, tapi puas juga sih bikin dia ngambek. Tapi...tiba-tiba...ada angin berhembus kencang menerpa wajahku *kipas angin tuh*. Wush wush wush seiring angin yang menderu, muncul sesosok pria bergaun putih dengan jepit merah jambu di kepala.

“Cin...puasamu gak afdol tuh! Kamu ngusilin orang! Sadar, Cin...” dia mengembek manja gitu. Aku belum mau respon, masih nunggu aja gimana kemanjaan cara ngomong tuh sosok bergaun putih.

“Cin, kamu sadar gak sih itu si Kamboja butuh bantuan kamu? Kenapa gak bantu? Masih kesel gara-gara tragedi antara kalian belakangan ini? Apa gimana sih? Gak boleh gitu, Cin...” Lanjut si sosok yang sebut saja namanya “Angelwati”.

“Ya, gue kesel! Gue kesel dengan apa yang udah dia lakuin ke gue belakangan ini. Gue sakit. Gue terhina. Gue gak dianggep...” kataku sok merana.

“Cin, udah sih, gak boleh balas dendam gitu. Gak baik. Kalau dia minta bantuan, ya dibantu, jangan dijahatin. Inget juga apa yang udah dia lakuin ke kamu. Dia sering bantu kamu juga. Iya kan, Cin?”

“Tapi...sakit...gue sakit...giliran butuh aja nyamperin gue, tapi kalau gak, gue rasa gue gak berguna dan jadi sampah...”

“Ssssttttt, gak usah curcol di note ini. Gak baik buat hati, ok?” kata si Angelwati sok bijak.

“Gini deh, Cin, sekarang coba kamu kontak dia dan tanya apa yang dia butuhin terkait tugas cerpen kalian. Ok?” aku pun mengangguk.

Pip pip pip, aku mencet beberapa tombol. Gak lama setelah itu, telponku tersambung...

“Halloo...” kataku.

“Gimana tadi, mau tanya apa? Lanjutku.

“Ya udah tinggal jawab aja...” jawabnya bikin aku gak ngerti.

“Iya, tapi tadi kamu tanya apa. Aku gak merhatiin...” timpalku.

“Udah deh, cepetan jawab. Gak usah pura-pura...”

“Lho...gimana aku mau jawab kalau pertanyaannya aja aku gak tahu. Tadi kamu mau tanya soal penulisan apa? Tanda baca apa gimana?”

“Udah pinter aja sombong, gak mau bantu!” bledak, jlep, dia ngeluarin kata-kata yang gak banget. Aku jadi esmosi nih!

“Kan aku gak tahu, gimana sih. Ya udah kalau gak mau tanya...” kataku dengan akhiran bunyi bip tanda telpon berakhir.

Well, gitu aja sih cerita pagi tadi. Tapi jujur banyak moral value yang kudapat sih. Pertama, balas dendam sekecil apapun kadarnya, tetep gak boleh dan bisa bikin siapa aja yang jadi objeknya mabok gitu. Lihat kan cerita di atas, meskipun kadar balas dendam Cuma 5%, efeknya lumayan ngeri. Kedua, gak usah ngusilin orang pagi-pagi. Lihat kan efeknya, jadi pada bete dan ya jadi ada yang update di status kan. Ga sehat ah begitu! Ketiga, kalau ada yang minta bantuan, bantuin dong, jangan malah diusilin. Ya mungkin pembelaan dari si pelaku adalah, “Gue pengen dia ngerasain gimana rasanya dicuekin dan gak dianggep”, tapi itu tetep salah karena masih termuat unsur balas dendam juga di dalamnya. Gak baik ya, gak baik tuh! Keempat, dari sisi si korban, ya ada baiknya intropeksi diri dan ya gak ada salahnya ngerasain gimana rsanya gak dianggep sama orang lain, dicuekin, dianggap upil nyamuk, ya biar tahu gimana sakitnya. Untung itu Cuma keusilan si pelaku, jadi ya gak begitu jlep *Kayaknya*. Coba kalau jadi si pelaku dengan segala traumatik yang dia rasa, weleh weleh pasti gak sebanding deh *apaan sih? Ahahha*.

Well, soal tugas cerpen, tahu deh gimana nasibnya. Semoga aja si Mas Kamboja bisa dapet nilai bagus, mungkin lebih bagus dari aku yang katanya “Pinter tapi sombong” ini. Tapi...jujur aku gak ada maksud sombong, apa lagi sombong masalah tulisan dan kepenulisan yang notabene sakral buat penulis amatir kayak aku *apaan sih? Hahaha*. Tapi ya sudah lah kalau interpretasi kdia kayak gitu...

Good luck for your exam!
Diposting juga di Facebook pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar