Minggu, 08 Januari 2017

PENGALAMANKU: PENGEMBARA TUNANETRA DALAM MENCARI INSTITUSI TES TOEFL ITP




Hey, guys, coba lihat mat ague. Kelihatan aneh kan? Mirip apaan gitu ya mat ague? Tenang, gue begini karena katarak plus glaucoma kok. Emak gue sempurna ngelahirin gue 25 tahun silam. Gue lahir jadi bayi cantik gitu deh *narsis*. Nah, kalo sekarang kalian lihat mat ague jadi begini biru-biru campur hijau campur abu-abu plus gede banget kayak bola pingpong gini ya harap maklum. Plus ya guys, plus gue gak bisa lihat alias jadi tunanetra gini ya harap maklum aja ya lol

Well, nasib gue sekarang emang beda banget kayak pas gue lahir sampe usia gue sekitaran 18 tahun. Ketika itu gue masih bisa wara-wiri kesana-kemari, masih bisa dandan meskipun gak jago, masih bisa edit-edit foto sebelum upload ke sosmed, masih bisa nyetir motor bahkan sempet bisa nyetir mobil juga meskipun gak lancar, pokoknya lumayan nge’hits deh *gak percaya ya? Lol*

Nah, tapi sekarang ini kan kayaknya hidup gue merana lemah gak berdaya, seenggaknya gitu sih kayaknya anggapan segelintir orang. Maksudnya, gue sekarang jadi tunet alias tunanetra. Boro-boro nyetir motor, bedain lampu kamar mati atau nyala aja gue gak tahu. Kasihan amat y ague? Menderita parah ya diri gue? Sial banget ya hidup gue?

Hey tapi gak usah sedih deh. Gue gak segitunya kali. Gue bahagia kok jadi tunanetra. Peduli amat deh gue gak bisa nyetir motor, yang penting kan gue bisa tetep eksis di sosmed *yaelah apaan sih gue?*

Seriously, I’m blind, but I keep alive either way!

Gue tetep jalani hidup meskipun gue tunet. Gak masalah kok. No prob!

Sering nabrak-nabrak apa segala, gue gak peduli. Sering bingung nyari sandal jepit, gue gak peduli. Sering belepotan pake lipstick, gue gak peduli. Sering nginjek poop-nya kucing di lorong kos, gue juga gak peduli. Pokoknya tetep happy deh meskipun mata Cuma bisa nangkep gelap.

Tapi tahu gak sih gue sebenernya nyiimpen sesuatu di hati gue? To be honest with you ya guys, gue udah gak kuat. Pengen gue muntahin nih unek-unek.

Unek-unek apa sih? Unek-unek sama kucing yang suka poop sembarangan di kos?

Gak lah!

Terus?

Jujur ya, gue punya unek-unek sama tes TOEFL!

Gue sejauh ini udah bangkit dari keterpurukan sebagai seorang tunet, tapi gak tahu kenapa tes TOEFL mengacaukan segalanya…

Dulu-dulu gue gak pernah kepikiran sama yang namanya tes TOEFL, bahkan tes TOEFL Like di kampus aja gue gak begitu gubris *maaf ya bapak dan ibu dosen*

Apaan amat sih ngurusin TOEFL, piker gue ketika itu. Tapi ternyata TOEFL bermakna banget buat hidup gue.

Tahun 2017 ini kan gue berencana mau apply beasiswa S2. Otomatis dong y ague harus ngelampirin sertifikat TOEFL gue. Dan tahu gak sih jenis TOEFL apaan?

TOEFL Like? Gak butuh deh mereka sama TOEFL Like.

TOEFL ITP, itu yang mereka pengen!

Pengembaraan sebagai seorang pencari sertifikat TOEFL pun dimulai….

Oktober 2016, gue mulai cari info soal tes ITP di Semarang. Google gue aduk-aduk. Orang-orang gue tanyaain. Adek kelas gue textingin. Apa segala deh buat dapetin info soal tes TOEFL.

Dari pengembaraan gue, mbah google ngasih info kalo tes TOEFL di Semarang tuh ada di beberapa tempat. Kebanyakan sih di kampus yang punya lembaga bahasa gitu. Satu persatu mulai gue catetin no tlp plus alamatnya. Gak Cuma mbah google, temen and dosen pun kasih info tentang tempat yang bisa nyelenggarain TOEFL.

Tempat pertama yang menarik hati gue adalah kampus tempat gue kuliah dulu. Yep, Udinus adalah salah satu kampus yang nyelenggarain tes TOEFL ITP. Mulai deh gue PDKT sama Tessa, adek kelas gue yang jadi staff di lembaga bahasa Udinus. Gue bawel banget banyak Tanya sama cewek smart itu mulai dari tariff, system, jenis dan tetek bengek lainnya. Dari obrolah gue bareng Tessa, gue tahu kalo ternyata tariff tes TOEFL ITP itu 450 ribu. Lumayan merogoh kocek, tapi begitulah tes TOEFL ITP, tarifnya memang gak kayak Toefl Like yang Cuma 75 ribu.

“Bulan ini? Serius?” ucap gue ketika itu tepat pas Tessa ngasih tahu kalo ada jadwal tes ITP bulan Oktober. Gue kaget, juju raja. Kenapa? Ya tentu karena gue belum siap. Sekalinya ada jadwal, guenya belum siap. Gue ngerasa tes TOEFL ITP tuh mirip banget sama Voldemort di film Harry Potter *imajinasi*

Ngeri ngeri sedap deh gue bayangin tes TOEFL. Gue ngerasa belum siap. Gue belum terbiasa sama yang namanya TOEFL. Akhirnya gue bilang ke Tessa gue gak bisa ikut yang Oktober. Well, kesempatan tes Oktober pun gue lewatin gitu aja…

November 2016, pencarian berikutnya…
Gue balik lagi ketemu Tessa yang selalu siap siaga nyodorin sederet jawaban atas pertanyaan gue tentang TOEFL dan sejenisnya. Tapi sayang sungguh sayang, bulan November yang notabene bulan dimana gue dilahirin malah bikin gue menderita. Gue dapet kabar dari Tessa kalo ternyata di ampus gak ada jadwal tes buat bulan November. Alamak, kemana daku harus mencari???

Gue pun merenung terus-teerusan. Bengong, melongo, ngelamun, tapi nafsu makan tetep tinggi. Gue gak lupa makan meskipun otak gue terus mikirin tes ITP. Gue galau dimana harus nyari tempat tes berikutnya.

Wow, ternyata keberuntungan lain datang…

Ryan, itulah dewa keberuntungan gue. Cowok yang masih unyu-unyu itu ketemu gue untuk kedua kalinya di wisma PKBI Jawa Tengah. Ketika itu gue lagi ngehadirin Youth Forum yang diadain PKBI. Pas maksi alias makan siang, gue ngobrol sama beberapa remaja. Gak disangka gak dinyana, obrolan kami nyampe ke TOEFL.

“Eh seriusan Kak Eka mau tes TOEFL juga?” Tanya Ryan semangat banget.

“Iya, Yan. Tapi dimana ya? Di kampus gak ada jadwal bulan November…” ucap gue ke Ryan.

“Ke Undip aja yuk, Mbak. Aku juga mau tes disana. Nanti bareng aku aja…”

Yes! Tuhan emang baik. Gak disengaja eh ketemu adek unyu yang lagi mengembara nyari tempat buat tes TOEFL juga.

Tik-tok-tik-tok…
Hari ini gue melaju di atas motornya Ryan. Kami lagi meluncur ke Undip. Mau coba peruntungan nih ceritanya. Tapi ternyata fakta apa yang gue dapet?

Gue di PHP’in sama staff disana. Pas gue datang, pihak sana bilang belum pernah nerima tunanetra buat tes TOEFL, apa lagi ITP. Gue gak patah arang. Gue coba jelasin kalo di tempat lain pun sudah ada yang nerima tunanetra, tapi mereka tetep ngasih PHP.

“Aduh, saya gak berani memutuskan, Mbak. Gimana kalo Mbak-nya ninggalin nomor telpon, jadi nanti kami hubungi lagi. Coba kami tanyakan ke atasan dulu…” gitu ucap salah satu staff-nya.

Well, nomer HP gue pun gue tinggalin. Tapi gue gak begitu berharap sih soalnya gue udah jelasin sedemikian rupa bahwa tunanetra bisa pake reader kalo pas tes, tapi hasilnya nihil. Gak Cuma itu, gue juga udah memohon sambil masang wajah nelongso dan bilang gini, “Kasihan tunanetra kan, Bu, kalo mau tes Toefl aja gak diijinin. Masa iya rencana daftar beasiswa gagal hanya karena gak dapet tempat buat tes TOEFL…”

Nihil sih kayaknya. Dan ternyata setelah beberapa hari…

Setelah beberapa hari gak ada yang ngontak gue dari Undip. Bener kan kayaknya gue di PHP-in…

Apakah gue patah arang? Lumayan sih, tapi tentu aja gak mau give up dong!

Kring-kring-kring…
Gue kontakan lagi sama Tessa. Gue curhat gitu deh soal nasib gue. Gue juga curhat sama salah satu dosen gue yang jadi penanggungjawab di lembaga bahasa kampus. Blab la blab la gue curcol keluarin unek-unek terkait tes TOEFL ITP. Dari curhatan gue, gue dapet bebrapa hal:
1.       Gue dapet pencerahan buat ikut pelatihan TOEFL and IELTS di kampus.
2.       Gue dapet jadwal tes TOEFL Like di kampus

Alright, lumayan gak galau lagi…

Gue coba deh apply pelatihan TOEFL and IELTS sambil nunggu kabar soal jadwal tes ITP. Gue harus memulainya sesegera mungkin soalnya kan kayaknya pendaftaran beasiswa bakalan dibuka bulan Februari nanti. Gue harus siapin diri (gak boleh bengong doang). Sebelum daftar pelatihan, gue tentu aja ijin sama ortu dong. Untungnya mereka beneran pengertian sama gue dan ngijinin gue buat ikut pelatihan-pelatihan yang biayanya cukup melelahkan buat ortu gue yang kantongnya kembang kempis. Gue ngerasa gak enak sih sama mereka. Berasa nyusahin. Udah lulus kuliah tapi malah masih nyusahin aja. Tapi untungnya mereka gak keberatan sama semua itu.

Gue ikut pelatihan TOEFL yang sebenernya sih gue gak perlu-perlu banget *songong*, tapi gue ngerasa harus ikut pelatihan karena gue tuh tipe cewek yang gak PD kalo belum ada persiapan apapun buat perang. Berasa bakalan mati konyol di medan perang deh kalo gak prepare.

Pengembaraan gak Cuma stuck di kampus. Gue coba Tanya temen gue soal tempat lain. Temen gue pun nyaranin Tanya ke kantornya yang emang nyedian jasa kursus bahasa inggris plus tes TOEFL. Gue telpon kesana tapi hasilnya nihil. Gue ditolak lagi kah? Gak sih, tapi disana ternyata gak nyedian tes TOEFL ITP. Cuma TOEFL Like yang mereka sediain.

Merana lagi deh belum dapet tempat tes. Pelatihan juga belum dimulai. Dada gue malah deg-degan. Jarum jam kayaknya berputar lebih cepet. Februari kayaknya udah di depan mata *alay*. Berbagai ketakutan berseliweran. Gimaana ya kalo sampe tahun baru gue belum dapet tempat tes? Gimana ya kalo pendaftaran beasiswa udah dibuka tapi gue belum ngantongin sertifikat TOEFL? Aduh, galau…

Gue juga pengen coba daftar di institusi bergengsi di Semarang yang punya sederet program terkait bahasa inggris, tapi gue pernah diceritain temen gue yang juga tunanetra kalo di institusi itu doi pernah ditolak gara-gara tunanetra. Alamak, bisa gak gue dilahirin lagi biar gak jadi tunanetra? *joking*

Kring-kring-kring…
Tiba-tiba gue dapet info dari Tessa tentang tes TOEFL Like di kampus. Alhasil gue ikut deh. ITP gak kesampean, TOEFL Like pun jadi. Peduli amat deh gue belum pelatihan, hajar aja. Mau latihan sama tutor juga belum mulai kan jadwal pelatihan TOEFL-nya.

Gue pun akhirnya ikut TOEFL Like. Untuk TOEFL Like, teknis pengerjaannya gak ribet. Peserta tunanetra dibolehin ngerjain pake komputer. Teknis kayak gitu dibolehin karena TOEFL Like gak sesakral TOEFL ITP kali ya. Gue gak dapet kendala berarti sih pas tes TOEFL Like, palingan di bagian structure and written expression aja. Gue jujur rada kesulitan, bukan karena soalnya, tapi karena bentuk soalnya. Bentuk soal yang ada di part itu kurang aksesibel buat tunanetra. Jadi gue harus ngecek satu persatu kata apakah dibubuhi garis bawah atau gak. Cukup memakan waktu. Tapi staff kampus gue emang baik. Mereka nerima masukan dari gue dan nerima segala keluhan tentang kendala gue. Kemungkinan di tes TOEFL Like berikutnya udah gak ada lagi kendala semacam itu. Cinta banget deh sama Udinus *alay*

Well, gak apa deh rada ngaco di part structure and written expression, yang penting hasil dari TOEFL Like lumayan membanggakan (padahal buat anak sastra inggris segitu tuh dikit sangat). Guee dapet 570. Hoorrreeeeee…

Tapi jangan girang dulu deh. Itu kan Cuma TOEFL Like, bukan TOEFL sungguhan. Duh, inget TOEFL sungguhan jadi bikin perut mules. Dimana gerangan gue harus nyari tempat tes TOEFL ITP? Masa iya gue harus ke Jakarta? Semarang gak segitu lebarnya kah buat tes ITP?

Desember 2016, pencarian berikutnya…
Masih belum dapet tempat tes ITP. Undip juga belum ada kabar atau mungkin no HP gue udah hilang dari tangan mereka. Masih galau dong berarti…

Iseng-iseng gue coba telpon salah satu universitas swasta di Semarang yang dulu temen gue pernah tes disitu. Anyway temen gue tunanetra juga.

Kring-kring-kring…gue nelpon pihak sana…
Blab la bla…obrolan pun dimulai. Dan yippiiieee gue dapet jadwal tes tanggal 20 Desember 2016. Buru-buru deh gue daftar. Eh, gak lama setelah dari universitas swasta itu, Tessa pun ngabarin gue. Katanya di kampus udah ada jadwal tanggal 17 Desember. Alhasil gue daftar di dua tempat. Boros ya? Cuek deh, yang penting udah ijin ortu. Anyway gue emang sengaja daftar di dua tempat. Bukan perkara banyak duit sih, tapi lebih ke karena gue nyari back up tes. Tahu sendiri kan nyari tempat tes ITP susahnya melebihi dapet pacar. Mumpung lagi ada jadwal, sikat aja deh…

Cling-cling-cling…
Gue daftar di Udinus . Biayanya 450 ribu. Terjangkau sih dan gak ada extra money buat reader. Dengan kata lain, tariff buat tunanetra disamain dengan tariff buat regular participant. Sekali lagi deh gue mau bilang Love you full deh sama Udinus!

Sedangkan di institusi kedua, institusi punyanya salah satu universitas swasta di Semarang, biayanya mahal gila! Reguler participant bayarnya 450 ribu, sedangkan gue? Gue bayar 750 ribu. Alamak sakit banget kantong gue. Tapi jujur sih gue gak kaget-kaget banget secara temen gue yang pernah tes disitu udah ngasih tahu gue kalo ada biaya tambahan buat reader. Gue maklum kok, tapi berasa gue pengen meratapi nasib jadi tunanettra…

Intermezzo yaa…

Gue pengen ngeluh bentaran deh. Mau nyari sandal jepit aja kadang gue kesusahan. Mau nuangin sup ke mangkuk aja kadang tumpeh-tumpeh. Mau tes ITP aja nyari tempat yang mau nerima tunanetra susahnya setengah mati. Mau jawab soal tes ITP aja harus pake reader. Mau tes aja bayarnya mahal gila, padahal hidup udah susah hahahaha. Bener kata temen gue, jadi tunanetra itu duitnya harus extra. Gak percaya? Itu tuh lihat kasus gue yang harus kena biaya tambahan buat ikut tes ITP.

Semisal gini ya. Gue and Dadang mau ikut tes ITP. Gue adalah seorang tunanetra gendut dan Dadang adalah seorang cowok awas (bukan tunanetra). Dadang cukup bayar 450 ribu, sedangkan gue harus bayar 750, padahal buat nyari sandal jepit aja Dadang gak kesulitan kayak gue. Ngerti kan maksud gue? Kalo boleh milih sih, gue mending gak usah jadi tunanetra biar gampang nyari tempat tes TOEFL plus bayarnya gak harus 750 ribu.

Hey tapi jangan sensitive ya sama tulisan ini. Gue nulis begini berdasar pengalaman gue dan apa yang gue rasain. Tapi gue gak maslah kok kalo pun harus bayar 750 ribu, yang penting dapet tempat tes. Mau nyari di tempat mana lagi? Iya kan?

So, moral value yang bisa didapet: “Jangan mau jadi tunanentra, biayanya mahal! *joking*”

Tenang, guys, gue happy kok jadi tunanetra. Gue yakin ya rezeki gue ditambah sama Tuhan karena biaya hidup gue sebagai tunet kan nambah juga hahaha…

Alright, gue udah ayem. Udah daftar di dua institusi dengan perbedaan biaya dan metode pelaksanaan tes. Masih punya banyak cerita lagi sih, tapi lanjut di postingan berikutnya yaaaa…

P.S: Gue berharap ada regulasi baku buat pelaksanaan tes TOEFL dan sejenisnya bagi tunanetra. Kenapa? Tentu aja biar gak ribet, biar gak ditolak-tolak, biar gak didiskriminasi *sok aktifis*

P.S.S: ini pengalaman gue. Mungkin bisa jadi beda, bisa jadi sama kayak pengalaman temen-temen tunanetra lainnya. Gue juga gak bermaksud jelek-jelekin pihak tertentu atau bangga-banggain pihak tertentu. Gue Cuma dokemantasiin pengalaman pribadi gue biar bisa dibaca anak cucu lol

Well, see you di part berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar